February 12, 2015

Hemat Pangkal Kaya (Anak Kost)


Kemarin gua baru aja menyelesaikan praktikum Proses Produksi,  yaitu praktikum dengan berbagai alat pemesinan. Yang di masalahkan bagi gua bukan lah mesinnya tapi jadwal praktikum tersebut. Masa libur kuliah gua akhir semester 3 ini harus di korbankan selama dua minggu, dua minggu tersebut yang meresahkan bagi gua dan mata gua, karena di jadwalkan setiap hari dan setiap pagi mata ini harus bangun, yang sangat menyebalkan
bagi gua yaitu bangun di pagi hari. Akhirnya gua jalanin dua minggu tersebut mau tidak mau mata gua ini harus di biasakan merem lebih sore di bandingkan hari biasannya, agar di pagi harinya mata gua ini nggak lengket sama belek yang menahan gua untuk bangun pagi. Untungnya gua anak kost jadi ngga perlu berangkat jauh jauh ke kampus dengan kendaraan dan bertemu macetnya jalan di pagi hari, pernah kejadian waktu gua berangkat kampus pagi dari rumah,  ngga tau mata gua ini masih lengket banget, untuk melek aja rasanya berat kaya belek mencair jadi lem deh. Gua di perjalanan merem hampir setengah perjalanan, dan setengah perjalanan nya lagi gua ngga sadar karena di bawa ambulan.  ngga kalo yang itu bohong kok haha. Menjadi anak kost itu bisa merubah lo menjadi ahli finance, serius deh. ngga percaya?Ini bakal gua jabarkan hal yang anak kost bakal lakukan agar keuangannya lancar.

1. Minggu pertama, biasanya pada awal minggu anak kost baru saja mendapatkan uang mingguan nya atau bulanan nya. Oleh karena itu, anak kost biasanya pada awal minggu ini suka menghabiskan uang nya yang tanpa sadar bahwa uangnya bakal ngga sampe pada akhir minggu atau akhir bulanan. Nah sebab itu, lo harus membuat menu makan lo selama seminggu apa saja agar lo dapat mengatur keperluan yang lo butuhkan. Usahakan makan di warteg saja, dengan menu paket super hemat yaitu nasi, pare, teri, sambal + air putih = 7rb. Selama seminggu lo makan dengan menu tersebut gua yakin keuangan lo sangat lah lancar dan isi dompet lo tetap gemuk tapi jangan salahkan kalau balik balik kerumah lo di tanya nyokap lo "Nak kamu busung lapar atau bukan anak mamah?". 
Menghemat makan bagi anak kost memang hal yang paling sulit apalagi ketika  perut sudah teriak memanggil kita, bak majikan yang membuli pembantunya. Oleh sebab itu, memperhitungkan menu makan sangat lah penting demi kelangsung perut perut kami anak kost yang rentan penuh dengan kebusungan dan kelaparan, kasihanilah kami anak kost. *harapibukostbaca 

2. Hal yang sulit di tahan yaitu ketika temen temen mengajak lo untuk hang-out keluar, pasti dengan lo hang-out bareng temen temen ngga mungkin lo ngga ngeluarin uang. Nih ketika ada temen yang ngajak lo untuk hang-out, pasang lah wajah sakit. dengan muka pucat, hidung meler bercucurkan ingus yang turun ke mulut, dan dengan mata yang merah, dengan begitu temen lo pasti bakal iba dengan keadaan lo dan temen lo malahan bakal membawakan lo makanan deh. Gua harap saran ini jangan lo lakukan kepada orang yang sama, gua yakin ini tidak bakal berefek apapun. 

3. Selanjutnya berhemat lah untuk segala keperluan kost seperti kebutuhan mandi, untuk itu biasakan mandi seperlunya saja sekiranya badan agak bau sebaiknya di berikan deodorant atau parfum saja, menghitung hemat atau memang males untuk mandi. Jangan hera kalau di kampus lo bakal jadi pusat perhatian karena  "bau apa iniiii?" atau "sampah berjalan di mana iniiii?"
  Gua rasa bagi lo yang menjadi anak kost, bakal penting baginya untuk mengatur keuangan apalagi dengan uang yang pas pasan saja yang di berikan untuk bekal selama ngekost.  Oleh sebab itu, gua akhiri postingan ini dengan quote "hemat pangkal kaya" 

    Sebelum nya gua mau ngepost meme meme anak kost yang sudah ramai di sosial media :





,


 
    Bagi kalian anak kost atau anak orang, bisa kalian share bagaimana caranya mengatur keuangan kalian. share di comment yaw..

1 comment:

Silahkan bebas komentar dengan bahasa yang sopan ya, promosi blog sendiri juga boleh kok lebih baik begitu dari pada nyebar Spam di dalam comment. Terima kasih atas perhatiannya :))